Trik Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik Agar Diterima Di Kantor Yang Diinginkan
Apakah Kamusedang mencari pekerjaan? Temukan Trik membuat Curriculum Vitaeyang menarik agar dapat memikat perhatian dari pihak HR dari Kantor yang Anda inginkan melalui artikel dari Saya berikut ini. Selamat membaca!
Kualitas CV Menentukan Ketertarikan HRD
Dalam mencari pekerjaan tentunya diperlukan beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah surat lamaran pekerjaan yang tentu saja harus dilampirkan dengan Riwayat Hidup yang biasa disebut juga dengan Curriculum Vitae (CV).Tahukah Anda bahwa CV biasanya diminta oleh Perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan untuk memudahkan dalam mengevaluasi kompetensi atau kemampuan pelamar kerja yang mempunyai relevansi bagian pekerjaan yang dibutuhkan oleh Pemerintahan yang bersangkutan. Selain itu, CV juga digunakan oleh para pelamar kerja untuk menuliskan kemampuan serta kompetensi yang mereka miliki pada sebuah dokumen singkat untuk melengkapi surat lamaran kerja.
Baca Juga: Download Template Lamaran Pekerjaan dan Contoh Email Lamaran Kerja
Melalui CV ini, maka profile dan garis besar kehidupan Anda akan tercermin se Tips singkat dan tergambarkan di dalamnya termasuk riwayat pendidikan dan pengalaman kerja Kamuyang menjadi referensi bagi pihak Instansi yang akan mewawanCara i Anda. Namun demikian, seringkali surat lamaran tidak dibaca dengan saksama dan bahkan tidak diminati oleh pihak HR karena kualitas CV yang kurang menarik.
Melalui ulasan berikut ini, mari kita simak bagaimana membuat CV yang baik dan menarik untuk dibaca sekaligus memikat hati bagian HR yang akan melihat CV tersebut sebelum memasuki prosedur wawanCara .
#1 Lakukan Job Research
Sebelum Anda membuat Curriculum Vitae, langkah pertama tentu saja Anda harus mencari informasi se Trik mendetail tentang Perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar. Tentu saja jenis pekerjaan itu adalah yang sesuai dengan bidang yang Kamuminati. Kamudapat mencari via online atau menanyakan informasi kepada teman-teman dan kenalan Anda. Catatlah segala informasi berkenaan dengan segala persyaratan pelamar seperti kualifikasi pekerjaan, keterampilan atau keahlian, usia dan tak jarang Pemerintahan yang mencari pekerja yang sudah memiliki pengalaman bekerja selama rentang waktu yang dikhususkan.
Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu segala informasi mengenai visi, misi dan nilai-nilai serta etos kerja yang diimplementasikan dalam Instansi tersebut. Melalui berbagai informasi tersebut, Anda dapat menyaring, Kantor mana yang akan Kamutuju untuk dikirimkan surat lamaran berikut dengan CV Anda.
Baca Juga: Membuat Profil LinkedIn Tampak Profesional dan Dilirik Para Pencari Kerja untuk Karyawan dan Fresh Graduate
#2 Ketahui Isi CV se Tips Umum
Mungkin bagian ini sebagian besar orang sudah mengetahuinya, namun bagi para freshgraduate, informasi ini akan sangat menolong karena dapat memberi gambaran besar akan riwayat hidup Anda yang akan Anda cantumkan di dalamnya. Hati-hati dalam menyusun agar berurut supaya tidak membingungkan pembaca CV Anda terutama pihak HR yang akan menilai kualitas Kamupertama kali melalui CV tersebut.
Pada umumnya, konten yang ada dalam sebuah CV antara lain sebagai berikut:
• Identitas Diri – nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email.
• Pendidikan – pendidikan terakhir, jurusan dan IPK.
• Personalitas – gambaran singkat karakter diri Anda.
• Keterampilan – keterampilan yang Anda miliki.
• Proyek dan Pengalaman Kerja – hal yang sudah Anda selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah Anda dapatkan.
• Training/Pelatihan Terbaru – pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir.
• Informasi Lain tentang Diri Kamu– hobi, referensi atau hal lain tentang diri Kamuyang berhubungan dengan pekerjaan yang Kamulamar.
#3 Mulai Membuat CV
Langkah awal dalam membuat CV adalah tentukan desain yang menarik yang akan Anda gunakan. Berbagai contoh desain atau format CV dapat Kamucari dalam kolom pencarian dengan kata kunci “CV Design”. Anda disarankan untuk memilih desain yang sederhana dengan kombinasi warna yang pantas dan gunakan simbol-simbol yang dapat dipahami oleh pembaca.
Ketika desain sudah dirasa oke, hal pertama yang perlu Kamutuliskan di dalamnya, sesuai dengan panduan isi seCara garis besar pada point 2 di atas adalah
• Cantumkan Identitas Diri. Tuliskan nama lengkap Anda, alamat, nomor telepon dan alamat email serta jangan lupa untuk menyertakan pasfoto terbaru Anda.
• Tulis jenjang pendidikan.
• Paparkan se Tips singkat, padat dan jelas mengenai karakter Anda dan nilai-nilai kehidupan yang Anda junjung.
• Deskripsikan keterampilan serta skill yang Kamumiliki terutama yang menunjang pekerjaan yang menjadi sasaran Anda.
• Apabila Anda bekerja sebelumya, tuliskan pengalaman kerja Anda dan pencapaian serta penghargaan yang pernah Kamuraih apabila ada. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada diri Kamudan perhatian khusus bagi pihak pembaca. Cantumkan juga berbagai pelatihan yang pernah Anda ikuti yang menambah skill.
• Cantumkan informasi tentang diri Anda yang relevan dengan pekerjaan Anda dan juga referensi dari beberapa orang penting di Instansi , tempat Anda bekerja sebelumnya.
Awali Langkah Awal dengan SuksesLangkah-langkah tersebut di atas sebetulnya masih dalam langkah awal dalam proses lamaran Kamukepada Kantor karena Kamuharus menempuh proses dan prosedur perekrutan kerja selanjutnya yang diatur oleh Pemerintahan yang bersangkutan. Awali langkah tersebut dengan membuat CV yang menarik perhatian dari pihak HRD agar Kamudapat masuk ke dalam prosedur selanjutnya. Selamat membuat CV dan mempersiapkan diri untuk wawan Tips !
Sumber : Cara Membuat CV | Finansialku
No comments:
Post a Comment